Senin, 25 Januari 2010

Mengawali Menulis




AWAL MENULIS KERAP MENJADI PERTANYAAN oleh banyak calon penulis. *harus mulai dari mana? Pertanyaan ini sama seperti yang saya rasakan beberapa waktu yang lalu. Namun jawabannya adalah harus mulai dari tulisan. Saya memulai dari apa yang terlintas dalam benak saya tentang judul yang saya pilih dan apa yang hendak saya ungkapkan. Untuk kebiasaan ini, saya sangat jarang mengulang paragraf pertama tulisan saya. Yang kerap saya edit paling banyak di bagian selanjutnya dari paragraf pertama. Bagi saya, kalimat pertama yang saya temukan pada awal tulisan adalah kalimat-kalimat emas yang datang karena ilham.
Kita bisa memulai tulisan dengan cara apapun yang menurut kita paling mudah. Misalnya, memulai tulisan dengan puisi, ayat suci, anekdot, pertanyaan memancing, atau tembak langsung (to the point). Jadi, tidak ada alasan bagi kawan-kawan untuk merasa susah dalam memulai penulisan. Setiap peristiwa, atau perjalanan hidup dapat dijadikan sebuah tulisan ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar