Senin, 25 Januari 2010

Manfaat Membaca Bagi Kita ^^


Membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan. Namun bagi beberapa orang untuk dapat memulainya terkadang sangat sulit. Termasuk bagi saya. Rasa ngantuk langsung menyerang ketika mulai membaca buku atau artikel internet khususnya bidang ilmu pengetahuan.
Masih ingat ketika duduk di bangku SMA. Saya coba bertanya kepada teman yang pintar dan tentunya rajin membaca buku. Rahasia yang membuat ia tergerak untuk membaca buku adalah mengalahkan rasa malas pada dirinya seolah-olah berperang melawan dirinya sendiri.
Menurut ia, orang yang hebat dan kuat adalah orang yang bisa melawan perasaan yang menghambat peningkatan kualitas diri, yaitu rasa malas.

Sering melakukan aktivitas membaca membentuk kebiasaan dan sifat tidak malas karena nanti itu akan menjadi kepribadian dan karakter kita. Dampak dari membaca adalah kita akan berpikir lebih "jauh" dan akan merasa rugi jika membuat waktu kita tidak efektif dan terbuang dengan sia-sia karena telah terbiasa untuk selalu mengefektifkan waktunya dengan cara yang benar. DR. Aidh Al-Qarni dalam bukunya "La Tahzan" menuliskan "Berpengetahuan dan berwawasan luas, menguasai banyak teori keilmiahan, berfikir secara orisinil, memahami permasalahan dan argumentasi pijakannya adalah sedikit dari sekian bayak faktor yang dapat membantu menciptakan kelapangan di dalam hati. Orang yang berpengetahuan luas adalah orang yang berpikiran bebas dan berjiwa teduh". Sedangkan untuk implementasi dari membaca bisa dengan mengajar, menulis, dll.
Malas, merupakan salah satu penyebab negara Indonesia ini tertinggal dengan negara lain khususnya hubungannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Mari kita budayakan membaca dan perangilah rasa malas untuk membaca ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar